Mudah! 5 Cara Mengatasi WA GB Memeriksa Pesan Baru Termudah

Pengguna WhatsApp GB pasti pernah mengalami masalah penerimaan pesan masuk, entah itu gagal ataupun pending. Notifikasi pada bar bertuliskan “memeriksa pesan baru” namun tidak ada pesan yang muncul. Simak ulasan berikut tentang 5 cara mengatasi WA GB memeriksa pesan baru agar pesan cepat masuk.

1. Cek Jaringan Internet

Cara pertama yang harus dilakukan pengguna jika berhadapan dengan situasi di atas adalah mengecek jaringan internet. Pastikan nomor ponsel yang digunakan untuk WA GB aktif dan dapat menerima jaringan. Jaringan yang stabil dan lancar menjadi kunci utama bekerjanya sebuah aplikasi.

Aplikasi GB WhatsApp tidak akan berjalan sempurna jika jaringan internet mengalami gangguan atau penurunan kualitas. Munculnya notifikasi memeriksa pesan baru padahal tidak ada pesan masuk dapat menjadi penanda bahwa jaringan atau sinyal sedang tidak stabil. Untuk mengembalikan kekuatan jaringan bisa dilakukan dengan merubah pengaturan jaringan (network mode). Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masuk pada pengaturan smartphone;
  • Pilih menu jaringan seluler;
  • Pilih mode jaringan;
  • Ubah mode jaringan menjadi 3G atau 2G; dan
  • Tunggu beberapa saat, dan kembalikan pada mode jaringan awal (4G).

2. Restart Perangkat atau Gunakan Mode Pesawat

Penumpukan pada latar belakang bisa menyebabkan perangkat menjadi lemot dan kinerja WhatsApp bermasalah. Restart atau memulai ulang perangkat smartphone bisa dilakukan untuk mengembalikan performanya.

Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan kemudian tekan lama pada tombol power, setelah itu klik Restart. Tunggu hingga proses restart selesai dan perangkat hidup kembali. Selain itu bisa menggunakan mode pesawat (Airplane Mode). Mengaktifkan lalu mematikan kembali mode pesawat pada perangkat sama artinya dengan melakukan restart.

3. Matikan Fitur Penghemat Baterai

Hal yang sering kali luput dari dugaan adalah mode daya rendah bisa mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp GB dalam menerima pesan. Battery Saving Mode dibuat dengan tujuan menghemat sisa baterai untuk pemakaian yang lebih lama saat perangkat kehabisan daya. Fitur ini akan secara otomatis aktif saat daya baterai mencapai batas minimal.

Namun, saat mode ini berjalan artinya segala aktivitas pada perangkat akan dibatasi. Penutupan sejumlah aplikasi dan latar belakang yang dilakukan untuk menghemat daya baterai, salah satunya memperlambat penerimaan pesan masuk pada WhatsApp GB. Mengatasi hal tersebut sangat mudah, hanya perlu menonaktifkan mode penghemat baterai.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cara mengatasi WA GB memeriksa pesan baru selanjutnya adalah menghapus cache dan data aplikasi. Penumpukan file cache bisa mengakibatkan kinerja aplikasi melambat dan proses penerimaan pesan terhambat. Selain file cache, penghapusan data juga perlu dilakukan untuk menghindari penumpukan file. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk pada setting perangkat;
  • Buka menu Pengaturan lainnya. Pilih menu Pengelola Aplikasi;
  • Cari file aplikasi WhatsApp GB dan buka;
  • Pilih Penyimpanan; dan
  • Klik tombol bersihkan cache (clear cache) dan hapus data.

5. Install Ulang Aplikasi

Jika semua cara di atas telah dicoba namun belum berhasil, maka cara terakhir adalah melakukan install ulang aplikasi. Melakukan pencopotan perangkat (uninstall) kemudian memasangkan ulang (reinstall) merupakan cara paling mutakhir untuk memperbaiki masalah sebuah aplikasi. Menginstal ulang aplikasi bisa dilakukan melalui Play Store dengan menekan tombol Update.

Namun, karena WhatsApp GB adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak terdaftar, maka caranya sedikit berbeda. Aplikasi WhatsApp GB harus di uninstall terlebih dahulu. Kemudian cari aplikasi serupa dan lakukan proses install seperti pertama kali pemasangan sebelumnya. Aplikasi WhatsApp GB bisa ditemukan di website starpetrochem.co.id dan di download secara gratis.

Itulah 5 cara mengatasi WA GB memeriksa pesan baru yang bisa dilakukan. Coba terapkan satu-persatu cara di atas untuk mengembalikan performa aplikasi. Jika tetap tidak berhasil, kemungkinan masalah tidak terletak pada perangkat ataupun jaringan, namun server aplikasi sedang bermasalah.