Jenis-Jenis Cuci Mobil

Kebutuhan akan penggunaan mobil semakin lama semakin banyak. Tentunya banyaknya orang menggunakan mobil inilah bisa menjadi salah satu peluang usaha yang bermanfaat. Usaha tersebut adalah sebuah usaha cuci mobil. Untuk membuka jenis usaha ini maka diperlukan sebuah modal usaha cuci mobil. Guna mendapatkannya, Anda bisa mengajukan pinjaman modal di Disetujui.Id.

Akan tetapi beberapa orang terkendala dalam permasalahan modal. Karena kendala inilah yang membuat orang menunda untuk membuka sebuah usaha. Jika hal tersebut datang terhadap anda maka anda tidak perlu khawatir. Karena BFI finance bisa memberikan bantuan pinjaman dana dengan berbagai program yang menarik. Anda tinggal memutuskan untuk menggunakan program dari BFI tersebut.

Macam-macam jenis cuci mobil

Setelah anda mengetahui bagaimana cara untuk bisa mendapatkan modal usaha cuci mobil ketika anda tidak memiliki dana yang cukup. Maka hal yang akan dibahas selanjutnya adalah beberapa jenis dari usaha cuci mobil. Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.

  1. Usha cuci mobil hidrolik

Saat ini usaha cuci mobil yang paling banyak dipasaran adalah usaha cuci mobil hidrolik. Dimana modal usaha cuci mobil hidrolik adalah sekitar 25 jutaan untuk bisa membeli sebuah mesin hidrolik. Keuntungannya adalah dengan menggunakan mesin sistem hidrolik ini maka anda atau pegawai anda bisa membersihkan bagian bawah mobil dengan lebih mudah. Karena mesin hidrolik ini dapat mengangkat mobil hingga pada ketinggian tertentu.

Beberapa orang menganggap bahwa model cuci mobil hidrolik dengan cuci mobil high pressure pump adalah sebuah cuci mobil yang sama. Padahal yang sebenarnya kedua model cuci mobil tersebut tidaklah sama.

Untuk cuci mobil hidrolik memerlukan sebuah mesin uap dengan suhu yang dimiliki oleh air adalah antara 60 derajat celcius sampai dengan 80 derajat celcius. Karena adanya mesin tersebut maka air yang akan digunakan untuk mencuci mobil haruslah dipanaskan terlebih dahulu. Maka dari itu tak heran jika harga untuk cuci mobil dengan sistem hidrolik lebih mahal dibandingkan dengan cuci mobil jenis lainnya.

Walaupun memiliki harga yang sedikit lebih mahal akan tetapi dengan cuci mobil hidrolik ini maka kotoran yang ada berbagai sela maupun di berbagai permukaan lainnya bisa dengan mudah untuk dihilangkan. Akan tetapi perlu diingat bahwa penggunaan mesin steam pada mobil haruslah berhati-hati. Hal ini dikarenakan jika salah sedikit saja maka lapisan anti karat akan mudah rontok.

  1. Usaha cuci mobil otomatis

Jenis cuci mobil yang selanjutnya adalah cuci mobil otomatis. Modal usaha cuci mobil otomatis bisa dibilang sedikit lebih mahal. Walaupun sudah menggunakan sistem otomatis akan tetapi beberapa usaha cuci mobil ini masih menggunakan bantuan dari tenaga manusia sebagai pengoprasian dari mesin tersebut.

Pada saat ini cuci mobil dengan sistem otomatis inilah yang sering kali digunakan oleh berbagai kalangan. Beberapa hal yang dilakukan secara otomatis pada bidang usaha jenis ini adalah seperti adanya mesin yang bertugas menyemprotkan air dan juga menyemprotkan sabun terhadap mobil. Selain itu ada juga mesin yang bertugas untuk menggosok, mencari kotoran sampai pada bagian sela-sela mobil, hingga ada sebuah mesin yang bertugas untuk mengeringkan permukaan mobil yang baru saja selesai dibersihkan secara otomatis.

Dengan tarif yang tidak begitu murah, hasil yang akan didapatkan oleh pelanggan adalah tingkat kebersihan dari mobil tidak perlu untuk diragukan kembali. Selain itu kelebihan yang dimiliki oleh jenis cuci mobil yang satu ini adalah setiap pengunjung yang bermaksud untuk mencuci mobilnya tidak perlu untuk menunggu diruang tunggu.

Mereka hanya perlu duduk didalam mobil hingga proses pembersihan selesai pada waktunya.

Baca juga berapa modal usaha cuci mobil.

  1. Cuci mobil manual

Selain dua jenis cuci mobil dengan bantuan mesin seperti yang telah dijelaskan diatas. Jenis cuci mobil yang selanjutnya adalah cuci mobil manual. Untuk bisa membuka jenis usaha ini anda cukup menyediakan sebuah mesin pompa dengan tekanan yang tergolong tinggi untuk menyemprotkan sebuah air.

Untuk proses pencuciannya biasanya menggunakan tenaga manusia. Karena menggunakan tenaga manusia ini biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mencuci mobil adalah sekitar 30 menitan untuk mencuci satu buah mobil. Bahkan beberapa orang akan meninggalkan mobilnya untuk dicuci terlebih dahulu dan ketika proses pencucian sudah selesai maka orang tersebut akan mengambilnya kembali.

Kelebihan yang dimiliki oleh jenis cuci mobil ini adalah seperti lokasinya yang tergolong strategis. Beberapa tempat yang sering terdapat usaha cuci mobil ini adalah seperti di dekat parkiran mall, di dekat sebuah komplek perumahan, bahkan tak jarang juga ditemukan di dalam area SPBU.

Selain memiliki kelebihannya sistem cuci mobil ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh sistem cuci mobil manual ini adalah seperti bagian kolong mobil tidak bisa sebersih jika anda melakukan pencucian mobil dicuci mobil hidrolik. Selain itu jika anda memutuskan untuk membuka usaha cuci mobil ini maka saingan dari usaha anda bisa dibilang juga sedikit lebih banyak.

Saingan yang sangat mudah terlihat adalah seperti adanya sopir pribadi. Mereka yang memiliki sopir pribadi kebanyakan akan melakukan proses pencucian mobil didalam rumah pribadi dengan bantuan sopir pribadi.

  1. Cuci mobil manual tanjakan

Selain cuci mobil manual ternyata masih ada sebuah cuci mobil dengan sistem pencucian yang manual ditambah fasilitas penempatan mobil ketika dicuci berada di tanjakan. Dengan sistem cuci mobil yang satu ini maka bagian kolong mobil bisa dengan mudah untuk dibersihkan. Meskipun sistem cuci mobilnya masih menggunakan sistem pencucian yang manual.

Beberapa jenis usaha cuci mobil di atas beserta penjelasan modal usaha cuci mobil, bisa anda jadikan sebuah acuan ketika hendak membuka jenis usaha ini. Tentunya pahami modal dan biaya yang dibutuhkan ketika anda hendak membuka jenis usaha cuci mobil.