Inilah Perbedaan Villa dan Homestay yang Terdapat di Sewa-villa.com

Traveling ke tempat yang jauh dalam jangka waktu lama pasti membutuhkan tempat menginap sementara. Penginapan yang bisa menjadi alternatif jika berlibur dengan banyak orang yaitu Villa ataupun homestay. Traveler harus mengetahui dulu perbedaan villa dan homestay sebelum menentukan di mana akan menginap sementara.

Masing-masing memiliki kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan para traveler sebelum memutuskan untuk sewa Villa atau Homestay. Traveler juga harus memastikan jumlah budget yang dimiliki agar tidak sampai kehabisan uang di tengah-tengah traveling. Berikut beberapa perbedaan antara Villa dan Homestay yang harus diketahui traveler.

1. Lokasi

Tempat penginapan memiliki perbedaan pada masing-masing jenisnya yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa tempat menginap tersebut. Perbedaan villa dan homestay yang utama yaitu terletak pada lokasinya. Villa mengusung konsep tempat yang tenang dan penuh privasi, sehingga soal lokasi, biasanya terletak pada tempat yang jauh dari pemukiman.

Berbeda dengan Villa, Homestay mengusung tema rumah singgah yang disewakan, sehingga lokasinya pasti dekat dengan rumah penduduk. Homestay biasanya dimiliki oleh perorangan atau penduduk sekitar tempat wisata yang menyewakan rumahnya. Traveler bisa memilih Villa jika ingin tempat yang lebih privasi, atau memilih Homestay jika ingin berbaur dengan penduduk sekitar.

2. Sistem Penyewaan

Traveler yang berlibur dengan kelompok yang besar sebaiknya memilih Villa, karena umumnya Villa menyewakan satu rumah dengan beberapa kamar yang bisa di tempati banyak orang. Biaya sewa akan lebih ringan karena akan ditanggung oleh individu yang lebih banyak. Aktifitas lain seperti pesta kecil-kecilan bersama kelompok traveler bisa dilakukan di Villa tersebut tanpa takut mengganggu sang pemilik.

Homestay sendiri, biasanya yang disewakan hanya sebagian rumah  saja atau disewakan perkamar. Beberapa homestay juga menyediakan penyewaan satu rumah tergantung kesepakatan dengan pemilik. Penginapan ini sangat cocok untuk traveler yang berlibur sendirian atau hanya dengan kelompok kecil saja.

3. Pemilik

Villa yang disewakan biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan atau perorangan dengan manajemen yang sudah diatur dengan baik. Pemilik Villa tidak tinggal dalam Villa tersebut dan hanya berkunjung jika ada pengecekan atau keluhan dari penyewanya. Penyewa akan mendapatkan privasi sepenuhnya, karena pemiliknya pun tidak akan tiba-tiba berkunjung ke Villa tersebut.

Sedangkan, pemilik Homestay biasanya tinggal dalam rumah tersebut, terutama jika yang disewakan hanya sebagian rumah atau hanya kamar saja. Homestay yang disewakan satu rumah pun pemiliknya akan menempati rumah yang berdekatan atau malah berjejer dengan rumah yang disewakan. Adanya pemilik rumah memang membuat privasi turis tidak sepenuhnya terjaga.

4. Fasilitas

Perbedaan fasilitas antara kedua tempat penginapan tersebut tentu paling mencolok. Villa umumnya memberikan fasilitas yang sangat lengkap seperti halnya rumah mewah. Beberapa Villa juga menyediakan pembantu rumah tangga yang siap sedia. Nilai tambah dari Villa yaitu pemandangan di sekitar Villa yang memanjakan mata.

Homestay memiliki fasilitas yang berbeda-beda tergantung dari harga dan pemilik. Fasilitas lengkap seperti halnya rumah akan didapatkan jika menyewa Homestay tersebut secara keseluruhan. Kamar Homestay akan di lengkapi dengan tempat tidur, lemari, TV dan juga AC.

5. Harga

Hal utama yang harus diperhatikan ketika ingin menyewa salah satu dari penginapan yaitu harga yang ditawarkan. Villa umumnya memasang harga 2 kali lipat atau lebih dari kamar hotel tergantung fasilitas dan kemewahan dari Villa tersebut. Villa bisa menjadi pilihan jika dana yang digunakan untuk traveling dalam jumlah besar.

Traveler yang hanya memiliki budget paspasan bisa memilih homestay sebagai alternatif. Harga sewa Homestay bahkan lebih murah dari Hostel ataupun Guesthouse. Pemilik biasanya memasang harga berdasarkan fasilitas yang ditawarkan. Homestay juga tidak akan menambah uang sewa meskipun kamar yang disewakan diisi lebih dari 2 orang.

Villa dan homestay bisa menjadi alternatif traveler yang tidak ingin menginap di hotel. Dengan mengetahui terlebih dahulu perbedaan villa dan homestay di atas, maka traveller tidak lagi bingung ketika menentukan pilihan. Terutama, jika pengunjung rajin mengupdate informasi dengan mengakses situs seperti Sewa-vila.com, maka urusan pencarian penginapan tidak akan jadi persoalan.