Inilah 5 Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris Pada Komputer Paling Ampuh

Satu perangkat komputer yang tidak kalah penting adalah LCD. Perangkat itu dikatakan penting karena fungsinya untuk melihat hasil perintah yang dikerjakan pada komputer. Jadi bila mengalami trouble, pastilah akan mempengaruhi pekerjaan pengguna. Untuk itu perlu mengetahui cara memperbaiki monitor LCD bergaris pada komputer.

Bila mengetahui cara untuk mengatasi trouble tersebut, pengguna tidak perlu membawa perangkat LCD ke rental service komputer. Sebab bisa ditangani sendiri di rumah, namun tetap harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum memperbaiki perangkat tersebut. Cobalah untuk menangani sendiri terlebih dahulu, adapun caranya yaitu :

1. Gunakan Pixel Repair

Dimana aplikasi tersebut dapat mengatasi masalah LCD yang trouble dengan munculnya garis-garis yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna komputer.  Lebih tepatnya perangkat ini berfungsi untuk melakukan pengecekan ada dead atau tidak pada monitor LCD.

Aplikasi ini mengecek menggunakan warna dan garis untuk mengetahui trouble pada tampilan layar monitor LCD. Pengguna bisa langsung mengetahui hasilnya dan mengatasinya sesuai penyebab yang ada.

2. Periksa kabel Fleksibel

Bila cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang pertama sudah dicoba namun belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka bisa mengecek kabel fleksibel yang terhubung pada CPU. Biasanya hal ini sering terjadi karena kabel yang dalam kondisi kendor atau kabel rusak.

Saat memeriksa kabel, pastikan lihat dengan teliti. Apabila ditemukan ada yang kendor, maka benarkan. Jika masih sama, berarti masalah ada pada kabel dan segera ganti kabel yang rusak tadi.

3. Periksa VGA, RAM dan Hardisk

Selain kabel, perangkat lain seperti VGA, RAM dan Hardisk juga dapat menjadi penyebab terjadinya masalah pada monitor LCD. Jadi, apabila mengalami masalah seperti itu, sebaiknya pengguna juga harus mengecek perangkat hardware lain yang ada pada CPU.

Dikarenakan, takutnya ada salah satu dari perangkat tersebut yang mengalami kerusakan dan lakukan pembersihan juga. Sebab bila di dalam CPU itu kotor, juga dapat menghambat kinerja dari perangkat-perangkat yang menyusun komputer tersebut.

4. Update Driver VGA

Nah, untuk cara yang keempat ini bisa dilakukan bila ketiga cara sebelumnya belum berhasil untuk mengatasi masalah monitor LCD yang masih bergaris. Pada poin keempat ini pengguna bisa melakukan update pada driver VGA pada komputer.

Sebab masalah tersebut terjadi karena ada ketidak sinkronan antara driver VGA dengan aplikasi ataupun program baru. Oleh karena itu, pengguna harus mengupdate driver agar ada sinkronisasi antara driver tersebut dengan program yang baru.

5. Cek Power Supply

Untuk cara yang terakhir bila keempat cara sebelumnya tidak dapat mengatasi masalah monitor LCD yang bergaris yaitu dengan melakukan pengecekan pada power supply pada CPU. Sebab bila komponen tersebut tidak support dapat mempengaruhi komponen lain seperti monitor.

Nah itulah tadi cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang bisa dicoba sendiri oleh pengguna. Jadi hendaklah tidak dibawa ke tempat service komputer sebelum di cek terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak mengeluarkan biaya dan lebih hemat. Untuk mengetahui info selengkapnya bisa lihat di pasca-uinsuska.id