Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung Ala Otoklix

by Vivi Ardila

Suara mesin mobil mendengung sering dialami oleh mobil yang telah berumur. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan membuat Anda merasa kurang nyaman dalam berkendara.

Umumnya, suara mesin mobil mendengung terjadi karena adanya kerusakan bagian atau komponen tertentu dalam mobil. Untuk mengetahui komponen apa yang menyebabkan mesin mobil mendengung, Anda dapat membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dicek dan diperiksa komponen apa yang mengalami masalah.

Berikut ulasan dari Otoklix mengenai penyebab dan cara mengatasi suara mesin mobil mendengung. 

Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi suara mesin mobil mendengung, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab dari suara mesin mendengung tersebut, yang biasanya disebabkan beberapa hal berikut:

1. Pompa Power Steering Bermasalah

Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik kerap mengalami masalah pada bagian pompa power steering. Dalam komponen ini terdapat bantalan, sehingga jika bantalan yang dimiliki sudah mulai aus maka akan menyebabkan suara mesin mobil mendengung.

2. Ban Mobil Bergelombang

Kondisi ban yang sudah tidak bagus atau muncul benjolan dan gelombang juga dapat menjadi salah satu penyebab muncul suara mendengung. Jadi, ketika Anda mengendarai mobil melewati jalan yang berlubang, maka akan muncul dengungan seolah berasal dari mesin mobil. 

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kondisi ban mobil Anda dalam kondisi yang masih bagus dan layak digunakan.

3. Masalah pada Kompresor AC

Adanya masalah pada sistem pendingin mobil juga dapat menyebabkan timbulnya suara dengungan. Hal ini bisa saja terjadi jika kompresor AC mobil Anda sudah aus. 

Dalam kompresor AC terdapat bahan metal yang bergesekan satu sama lain ketika bekerja. Jika komponen ini aus, maka saat bergesekan akan mengeluarkan bunyi mendengung.

4. Joint Kopel Aus

Penyebab lainnya yang membuat munculnya suara mendengung adalah karena joint couple yang sudah aus. Joint couple merupakan komponen yang terdapat pada bagian roda belakang maupun 4WD. 

Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan antara tiang kopel dengan gardan. Jika komponen ini bermasalah atau aus maka akan menimbulkan getaran jika mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi serta muncul suara dengungan dari mesin mobil.

5. Masalah pada Timing Belt

Adanya masalah yang terjadi pada timing belt juga dapat menyebabkan munculnya dengungan dari mesin mobil. Hal ini bisa saja terjadi karena pemasangan timing belt yang terlalu kencang maupun kualitas timing belt yang menurun. 

 

Anda bisa melakukan pengecekan timing belt secara berkala agar Anda dapat mendeteksi kerusakan lebih awal dan melakukan perawatan rutin pada kendaraan. Sehingga, Anda tidak akan mengalami suara mesin mobil mendengung.

Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung

Setelah mengetahui penyebab munculnya dengungan pada mesin mobil, Anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi suara mesin mobil yang berdengung.

1. Cek Komponen Power Steering

Anda bisa melakukan pengecekan komponen power steering secara rutin untuk menghindari suara mesin mobil mendengung. Umumnya masalah yang terjadi jika muncul suara mendengung dari mesin mobil adalah adanya masalah atau kerusakan pada komponen power steering. 

Sehingga komponen ini perlu Anda cek secara rutin untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan pada komponen tersebut.

2. Perbaikan Komponen Bearing

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada komponen bearing untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan yang terjadi. Pasalnya, jika bagian bearing atau leher roda ada yang rusak maka akan muncul suara mendengung dan masuk ke kabin mobil. Tentunya kondisi seperti ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman selama berkendara.

3. Perbaikan Kompresor AC

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suara mendengung bisa saja disebabkan karena adanya kerusakan pada kompresor AC. Untuk mengetahuinya Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dulu dengan cara mencoba mematikannya ketika mesin hidup. 

Ketika AC dimatikan, maka suara dengungan tersebut akan perlahan hilang. Jika kondisinya seperti ini berarti yang menyebabkan suara mendengung adalah karena adanya kerusakan pada kompresor AC. Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel AC mobil terdekat untuk perbaikan.

4. Ganti Pelumas

Cara selanjutnya untuk mengatasi suara mesin mobil mendengung adalah dengan mengganti pelumas secara rutin. Anda bisa mengganti oli gardan setiap mobil menempuh jarak 40.000 km. Tujuannya adalah agar suara dengungan tersebut dapat menghilang.

5. Perbaikan Bagian Garda

Jika telah muncul tanda mesin mobil mendengung, maka saatnya Anda membawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan pada bagian garda. Pasalnya, suara mendengung tersebut dapat muncul karena penyetelan pada celah gerigi gardan yang di luar standar bawaan pabrik.

Itulah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi suara mesin mobil mendengung. Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan pada komponen mobil yang bermasalah. Anda juga perlu menyiapkan budget khusus untuk melakukan perbaikan tersebut.

You may also like

Leave a Comment