Cara Mengatasi Kolik pada Bayi yang Mudah Dilakukan

Sebenarnya kolik bukan termasuk penyakit dan tak membahayakan si kecil, tapi sayangnya banyak orang tua yang tak sadar jika si bayi terkena kolik. Padahal kolik perlu segera ditangani dengan cepat dan tepat agar tak menimbulkan gangguan pada kesehatan. Kolik pada bayi dapat diamati dengan adanya gejala seperti menangis lebih dari 3 jam atau 3 hari seminggu.

Untuk mengatasinya, disarankan untuk memilih botol susu yang bebas dari kolik. Botol ini dinamakan botol susu BPA free yang baik untuk si kecil. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara untuk mengatasi kolik bayi yang terbukti efektif dan ampuh:

1.  Jaga Pola Makan

Para ibu yang sedang menyusui harus menjaga atau mengatur pola makan jika si kecil terkena kolik. Hal ini dikarenakan apapun yang dimakan sang ibu juga akan dikonsumsi oleh si bayi melalui ASI. Apapun nutrisi dan gizinya akan masuk pula ke dalam tubuh si kecil.

Apabila ibu memakan makanan yang mengandung gas maka bukan hal yang tidak mungkin jika si kecil juga akan mengkonsumsi gas secara otomatis. Gas inilah yang akan menyebabkan kolik pada si bayi. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan pola makan ya, moms.

2.  Ganti Susu Formula

Salah satu penyebab kolik pada si kecil adalah karena ketidak cocokan susu formula. Biarpun itu susu formula khusus belum tentu akan cocok dan sesuai untuk si bayi. Susu formula yang tidak cocok akan menyebabkan kolik dan alergi.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera ganti susu formula bila dirasa sudah tidak cocok dengan si bayi. Cobalah untuk mengganti susu formula pada si kecil dengan merk lain dan coba periksa apakah benar susu formula tersebut mengandung senyawa penyebab kolik pada si kecil.

3.  Ganti Botol Susu

Terdapat berbagai jenis botol susu formula yang bisa digunakan, cobalah pilih yang bersifat anti kolik. Salah satu macam botol susu formula yang bebas dari kolik adalah botol susu formula BPA free yang mudah ditemui di toko-toko terdekat.

Untuk mengatasi kolik pada si kecil bisa gunakan botol dari Dr Browns yang sudah terbukti aman dari senyawa kolik. Botol ini juga dinilai lebih baik desainnya dan tidak menyebabkan udara bercampur dengan susu saat si kecil meminumnya.

4.  Gendong si Kecil

Penyebab lain dari adanya kolik pada si kecil adalah karena rasa tidak nyaman, apabila si anak kolik dan menangis terus-menerus maka saatnya untuk menggendongnya. Gendong si kecil dengan menggunakan selimut atau kain.

Coba untuk tenangkan si kecil dan buat si anak merasa nyaman digendong, maka dengan demikian tangisan pada si bayi akan berhenti. Dengan cara ini kolik pada si kecil bisa teratasi dengan baik.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kolik pada bayi. Disarankan untuk menggunakan botol susu dari Dr Brown, hal ini karena botol ini bersifat bebas kolik. Sehingga membebaskan si kecil dari risiko terkena kolik.