Apakah Ethereum Adalah Cryptocurrency Paling Berharga Saat Ini?

Mengenal dunia NFT takkan lepas dari cyptocurrency atau mata uang kripto. Bagaimana tidak, item NFT dijual dengan menggunakan mata uang kripto tersebut. Nah sekarang kita akan mencoba berkenalan dengan salah satu mata uang kripto yang paling populer adalah Ethereum. Seperti apakah mata uang ini?

 

Apa Itu Ethereum?

Ethereum adalah akses terbuka ke uang digital dan layanan ramah data untuk semua orang – terlepas dari latar belakang atau lokasi Anda.  Ini adalah teknologi yang dibangun komunitas di balik cryptocurrency ether (ETH) dan ribuan aplikasi yang dapat kamu gunakan saat ini. Nah Eth ini sudah cukup berusia rupanya.

 

Ethereum dilahirkan pada tahun 2013 oleh programmer Vitalik Buterin. Vitalik tidak sendii dalam prosesnya. Ada pendiri tambahan Ethereum termasuk Gavin Wood, Charles Hoskinson, Anthony Di Iorio dan Joseph Lubin.  Pada tahun 2014, pekerjaan pengembangan dimulai dan dilakukan penggalangan dana, dan jaringan mulai beroperasi pada 30 Juli 2015.

 

Harga Ethereum (ETH) dalam USD melonjak ke rekor baru pada November 2021, mencapai lebih dari 4.800 dolar AS. Sama seperti Bitcoin (BTC), harga ETH naik pada tahun 2021 tetapi untuk alasan yang sama sekali berbeda: Ethereum, misalnya, menjadi berita ketika sebuah karya seni digital dijual sebagai NFT termahal di dunia dengan harga lebih dari 38.000 ETH – atau 69,3 juta  Dolar Amerika.

 

Ethereum adalah ruang pertumbuhan NFT. NFT tumbuh hampir sepuluh kali lipat antara 2018 dan 2020, seperti yang dapat dilihat pada kapitalisasi pasar NFT di seluruh dunia. Aset blockchain digital ini pada dasarnya dapat berfungsi sebagai kode unik yang terhubung ke file digital, memungkinkan untuk membedakan file asli dari salinan potensial apa pun.

 

Aplikasi ini sangat menonjol dalam seni kripto, meskipun ada aplikasi lain: game, olahraga, dan koleksi adalah segmen lain di mana penjualan NFT terjadi yang mana penjualan tersebut mengandalkan ETH atau Ethereum. Reli pada Ethereum berasal dari perkembangan teknologi yang menyebabkan banyak kegembiraan di antara para pedagang.

 

Pertama, apa yang disebut “Pembaruan Berlin” diluncurkan di jaringan Ethereum pada April 2021, apa tujuannnya? Tujuan pembaruan yang dimaksudkan untuk membuka jalan bagi penurunan harga gas ETH – atau pengurangan biaya transaksi.  Kedua, kedatangan Uniswap V3 pada Mei 2021 – sebuah protokol kontrak pintar – diharapkan dapat lebih mengoptimalkan perdagangan Ethereum.

 

Masa Depan Ethereum

Perkembangan harga pada Ethereum sulit diprediksi, tetapi tidak dapat dilihat tanpa dunia DeFi – atau Keuangan Terdesentralisasi. Industri ini menggunakan teknologi untuk menghilangkan perantara antar pihak dalam transaksi keuangan.  Salah satu contohnya termasuk dompet kripto seperti Dompet Coinbase yang semakin populer.

 

Dengan contoh lain termasuk kontraktor pintar Uniswap, Maker (bertanggung jawab atas stablecoin DAI), pemberi pinjaman uang Dharma dan senyawa protokol pasar.  Perkembangan masa depan Ethereum terkait dengan industri lainnya. Hal ini Tidak seperti Bitcoin dan Ripple, Ethereum secara teknis bukan mata uang tetapi platform perangkat lunak sumber terbuka untuk aplikasi blockchain.

 

Namun tentunya bisa terjadi dengan kemampuan Eter menjadi cryptocurrency yang digunakan di dalam jaringan Ethereum.  Pada dasarnya, Ethereum memfasilitasi DeFi – artinya jika DeFi bekerja dengan baik, begitu pula Ethereum.

 

Jadi, apakah Ethereum adalah cryptocurrency paling berharga saat ini masih ditentukan oleh banyak hal yang mana hal tersebut tidaklah sederhana. Apabila kamu tertarik untuk berinvestasi di bidang ini, maka kamu disarankan untuk tidak jauh dari dunia NFT. Semoga artikel ini bermanfaat.